Gunungkidul doa minta hujan

 

Tradisi njaluk udan atau meminta hujan masih dipertahankan oleh masyarakat Kalurahan Giripurwo, Kapanewon Purwosari, Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Upacara adat ini dilakukan saat kemarau panjang dan sudah memasuki musim tanam. Bahkan tahun ini, tradisi njaluk udan akan diusulkan menjadi warisan budaya tak benda Nasional.

Upacara yang dilakukan setiap bulan September atau Oktober pada Jumat Kliwon dalam penanggalan Jawa ini dilakukan di pertapaan Andongsari, yang berada di atas perbukitan pada Jumat (6/10/2023).

Upacara dilakukan dengan berdoa bersama yang dipimpin oleh Rois setempat. Saat di tengah doa, warga berteriak meminta hujan kepada Tuhan.

Kemudian kelapa muda yang ada diberi gula yang diambil dari daun kelapa. Setelah tercampur diminum bersama.

lalu mereka kenduri dan menyantap delapan nasi Ingkung yang sudah dipersiapkan oleh warga setempat.

Panitia acara, Margono mengatakan, tradisi ini sudah dilakukan turun temurun oleh masyarakat ketika kemarau berkepanjangan. Mereka menggelar tradisi doa bersama, sekaligus mempererat tali persaudaraan sesama masyarakat.

"Kegiatan ini sudah dilakukan turun temurun sejak simbah-simbah dulu," kata Margono kepada wartawan di Padukuhan Klampok, Giripurwo, Jumat (6/10/2023).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar